Minggu, 15 September 2019

SOAL DAN JAWABAN ESSAY

1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan
2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
a. Measurable
b. substantial
c. Accesible
d. Diferentiable
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
a. Preferensi Pelanggan
b. Sensitifitas harga
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi tersebut berikan contohnya.
4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan
a. Demografis
b. Geografis
5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.


Jawaban
1.segmentasi pasar adalah proses membagi calon konsumen potensial ke dalam kelompok atau segmen berdasarkan karakteristik yang berbeda untuk menghasilkan volume penjualan lebih tinggi.

2.a.measurable: diukur berdasarkan nilai atau volume                                           penjualan(jumlah pelanggan).
b.substantial: mengelompokan berdasarkan usia,latar                                        belakang,social,ekonomi dan persepsi merk .
c.accesible: mempermudah akses audiens.
d.diferentable: di sisi internal harus homogen,namunsecara                                 eksternal adalah heterogen.

3.prefensi pelanggan:seperti persepsi bahan makanan.merek  saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang tidak suka bahan yang terdengan seperi bahan kimia.
Sensitivitas harga:contoh,konsumen iphone yang membeli smartphone tersebut cukup mahal,namun tidak bagi pecinta iphone yang tahu kelebihannya.



4.a.demografis:maksudnya,demografi seperti usia,jenis kelamin,pendidikan,kebangsaan,agama dan etnis.
   b.geografis:seperti rantai restoran yang mengkostumisasi menu untuk makanan local dari setiap wilayah dan kota


5.sama sama menganalisis,segmentasi pasar menganalisis pembeli/konsumen,dan analisis pasar menganalisis pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar