Pengertian Marketing, Fungsi, dan Konsep Marketing
1.Pengertian Marketing
Secara Umum
Apa yang dimaksud dengan marketing?Marketing adalah
suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memasarkan produk, baik barang
ataupun jasa, dengan berbagai cara agar produk tersebut disukai dan digunakan
oleh khalayak luas.
Ada juga yang menyebutkan pengertian marketing adalah perpaduan
berbagai aktivitas yang saling terkait dimana tujuannya untuk mengetahui
kebutuhan konsumen atau pasar. Dengan adanya informasi tersebut maka perusahaan
dapat menciptakan atau mengembangkan suatu produk, harga, pelayanan, dan
promosi agar kebutuhan pasar tersebut terpenuhi dan perusahaan mendapatkan
keuntungan.
Dapat dikatakan marketing adalah penghubung antara produsen
dengan konsumen pada suatu pasar. Artinya, kegiatan marketing tidak hanya
terbatas pada pemasaran saja, namun juga termasuk semua strategi yang bertujuan
untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
2.Fungsi Marketing dalam Perusahaan
Setiap perusahaan
mengandalkan marketing dalam upaya menghasilkan penjualan dan pendapatan bagi
perusahaan tersebut. Itulah sebabnya proses marketing menjadi sesuatu yang
sangat krusial bagi semua bisnis.
Sesuai dengan
pengertian marketing di atas, beberapa fungsi marketing adalah sebagai berikut:
1.
Fungsi Pertukaran
Melalui kegiatan
marketing, maka barang dapat dikenal dan diminati oleh suatu pasar. Dalam hal
ini fungsi pertukaran adalah pembelian produk yang dilakukan konsumen dengan
menukar uangnya dengan produk yang ditawarkan.
2.
Fungsi Distribusi Fisik
Produk yang dihasilkan
oleh produsen tentunya tidak langsung tiba di depan konsumen begitu saja, ini
melalui proses distribusi. Distribusi fisik melalui berbagai proses,
mulai dari pengambilan, klasifikasi, penyimpanan, packing, hingga pengiriman ke
lokasi terdekat dengan konsumen.
3.
Fungsi Perantara
Kegiatan marketing
juga berfungsi sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Fungsi
perantara ini dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui pencarian
informasi, pembiayaan, klasifikasi produk, dan lain-lain.
Secara garis besar,
tiga poin di atas merupakan fungsi utama dari marketing. Selain itu, beberapa
fungsi lain dari kegiatan marketing adalah sebagai berikut:
·
Berfungsi sebagai sales, yaitu aktivitas penjualan
produk yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
·
Berfungsi sebagai alat promosi, yaitu aktivitas
memperkenalkan suatu produk atau perusahaan kepada khalayak luas dengan tujuan
agar produk atau perusahaan tersebut diminati oleh masyarakat.
·
Berfungsi untuk riset dan pengembangan, yaitu proses
marketing yang menyerap berbagai informasi bermanfaat mengenai tanggapan
masyarakat terhadap produk sehingga perusahaan dapat melakukan peningkatan
kualitas produk di masa depan.
·
Berfungsi untuk mewujudkan konsep marketing
communication, yaitu peran marketing dalam menjalin hubungan baik
dengan masyarakat atau perusahaan lain.
3.Konsep Marketing
3.Konsep Marketing
Mengacu
pada pengertian marketing di atas, secara garis besar ada empat konsep dasar
marketing. Adapun konsep marketing adalah sebagai berikut:
1.
Produksi
Produksi adalah proses
mengubah bahan baku menjadi bahan jadi atau menambah nilai guna suatu produk
(barang maupun jasa). Tim marketing suatu perusahaan harus melakukan riset
untuk mengetahui produk apa yang sedang diminati oleh pasar.
Selai itu, tim marketing juga harus mengamati para pemain di
ceruk tersebut dan harga yang berlaku di pasar. Inilah yang menjadi acuan dalam
perencanaan dan produksi yang dilakukan oleh perusahaan.
2.
Produk
Produk adalah sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan kepada
khalayak. Produk dapat dibedakan dalam 3 kategori, yaitu barang, jasa, dan
gagasan/ ide.
Semua konsumen menginginkan produk yang berkualitas, harga
terjangkau, dan unik. Menghasilkan produk yang berkualitas tinggi menjadi
hal yang penting dalam proses marketing itu sendiri. Tanpa adanya produk
berkualitas maka dengan sendirinya proses marketing akan sangat sulit
dilakukan.
3.
Pemasaran
Pemasaran
adalah semua aktivitas yang dilakukan seseorang atau organisasi
dalam upaya memenuhi permintaan pasar. Kegiatan pemasaran ini meliputi
menciptakan produk bernilai jual, penentuan harga, promosi, pelayanan
pelanggan, dan lain-lain.
Tujuan utama dari pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan
suatu pasar. Dengan kata lain, kepuasan konsumen menjadi sesuatu yang sangat
penting dalam proses pemasaran.
4.
Penjualan
Semua aktivitas produksi dan pemasaran pada akhirnya akan
bermuara pada angka penjualan produk. Semakin besar angka penjualan maka
idealnya keuntungan perusahaan juga akan semakin besar.
Kegiatan penjualan ini seringkali dilakukan dengan memberikan
nilai tambah kepada konsumen. Misalnya dengan memberikan bonus dengan jumlah
pembelian tertentu yang pada akhirnya menambah angka penjualan.
-THANKS TO BPK.SAJID
Tidak ada komentar:
Posting Komentar